Sabtu, 14 Desember 2013

PEMBENTUKAN & PERUBAHAN SIKAP KONSUMEN (Part 1)


Tugas Softskill (3EA13)

Kelompok 6



Disusun Oleh:
Henndy Delta Reonaldo          (13211315)
Muhamad Syah Putra              (14211716)
Mochammad Ryan Sandhika   (14211547)
Rizchita Hardian F.D.P           (16211310)
Yulius Vidianto                        (17211653)

PEMBENTUKAN & PERUBAHAN SIKAP KONSUMEN
(Berdasarkan Buku Perilaku Konsumen Schiffman-Kanuk)

1.      SIKAP
Sikap adalah kecenderungan yang dipelajari dalam berperilaku dengan cara yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu objek tertentu.

2.      Apa yang Dimaksud dengan Sikap?
Ø Objekmerupakan sikap.
Ø Sikap adalah kecenderungan yang dipelajari.
Ø Sikap mempunyai konsistensi.
Ø Sikap terjadi dalam situasi tertentu.

3.      Berbagai Model Struktur Sikap
Ø  Model Sikap Tiga Komponen.
Ø  Model Sikap Multi Sifat.
Ø  Teori Usaha Mengkonsumsi.
Ø  Model Sikap terhadap Iklan.

4.      Model Sikap Tiga Komponen
  

   a)   Kognitif : Pengetahuan dan persepsi yang diperoleh berdasarkan kombinasi pengalaman langsung dengan objek sikap dan informasi yang berhubungan dari berbagai sumber.
     b)   Afektif : Emosi dan perasaan konsumen mengenai suatu produk atau merk tertentu.
     c)    Konatif : Kemungkinan atau kecenderungan bahwa seorang  individu akan melakukan tindakan khusus atau berperilaku dengan cara tertentu terhadap objek sikap tertentu.


5.      Model Sikap Multi SifatModel sikap yang memperhatikan komposisi dari sikap-sikap konsumen ketika memilih hal atribut produk atau keyakinan.

6.      Model Sikap Multi Sifat
a)   Model Sikap Terhadap Objek
Sikap merupakan fungsi dari adanya (atau tidak adanya) penilaian terhadap keyakinan atau sifat-sifat produk tertentu. Berguna untuk mengukur sikap terhadap merk.
b)   Model Sikap Terhadap Perilaku
Merupakan sikap individu dalam berperilaku atau bertindak terhadap objek tertentu, dan bukannya sikap terhadap objek itu sendiri. Lebih mendekati perilaku yang sebenarnya.
c)    Teori Model Tindakan yang Beralasan
Termasuk komponen  kognitif, afektif dan konatif. Termasuk norma-norma subjektif sebagai tambahan sikap.

Versi Sederhana Mengenai Teori Tindakan Yang Beralasan

7.      Teori Usaha Mengkonsumsi
Teori ini untuk menerangkan berbagai kejadian yang tindakan atau hasil tindakannya tidak pasti, tetapi sebaliknya kejadian dari tindakan tersebut mencerminkan usaha konsumen untuk mengkonsumsi (membeli).

Beberapa Contoh Pendapat yang Terpilih Mengenai Potensi yang Mungkin Mempengaruhi dalam Melakukan Usaha Konsumsi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar